Profil Lulusan

Profil Lulusan adalah peran yang dapat dilakukan oleh lulusan di bidang keahlian atau bidang kerja tertentu setelah menyelesaikan program studi. Penyusunan Profil Lulusan dapat dilakukan dengan menganalisis perkembangan keilmuan dan keahlian, kebutuhan pasar dan pemangku kepentingan, melakukan tracer study pada lulusan, menganalisis sumber daya yang dimiliki, serta melakukan studi banding pada program studi sejenis yang kompatibel.

Penetapan profil lulusan dilakukan dengan menganalisis sumber daya yang dimiliki yaitu keahlian dosen, menganalisis perkembangan keilmuan dengan melihat profil lulusan pada program studi sejenis di Universitas-universitas yang kredibel, serta dengan melakukan kegiatan lokakarya kurikulum dengan menghadirkan perwakilan dari forum program studi sejenis dan perwakilan dari pengguna lulusan. Dalam penyusunan profil lulusan PIAUD lebih khusus berpedoman pada rumusan profil dan capaian pembelajaran (learning outcome) Perkumpulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Indonesia dan Asosiasi Pendidikan Guru PAUD.


Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak usia Dini adalah memiliki kemampuan menjadi pendidik pada RA/TK/PAUD yang berakhlak baik, mampu menjadi tauladan dan bertanggungjawab dalam pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi. Berdasarkan evaluasi kurikulum dan tracer study, profil lulusan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dirumuskan dalam tabel 1.

Tabel 1. Profil Lulusan dan deskripsinya

 

No

Profil Lulusan (PL)

Deskripsi Profil Lulusan

PL1

Pendidik pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

lulusan yang mampu bekerja secara professional dibidang PAUD, berkepribadian baik, berpengetahuan luas, inovatif, berwawasan  global  dalam  melaksanakan

tugas dan bertanggungjawab yang berlandaskan etika keislaman.

PL2

Edupreneur/Wirausaha Pendidikan

lulusan yang dapat mengembangkan ilmu sesuai dengan kebutuhan zaman secara professional, tangguh, mandiri dan inovatif dalam memberikan kontribusi melalui kegiatan non formal dalam upaya meningkatkan  kesejahteraan  ekonomi  dan

pendidikan masyarakat khususnya dibidang PAUD.

PL3

Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Lulusan mampu bekerja secara professional dalam menjalankan tugasnya yaitu melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses Pendidikan pada Lembaga

PAUD.