Kualifikasi Lulusan

 

Standar Kompetensi Lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Umum dan Khusus) yang dinyatakan dalam rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Rumusan Sikap dan Keterampilan Umum mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-PT). Rumusan Keterampilan Khusus dan Pengetahuan dirumuskan dan disepakati oleh Asosiasi Profesi Guru PAUD.


 

Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

 

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Sikap (S)

S1

Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious

S2

Menjunjung    tinggi     nilai     kemanusiaan    dalam    menjalankan    tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

S3

Berkontribusi    dalam    peningkatan    mutu    kehidupan    bermasyarakat,

berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian  terhadap

masyarakat dan lingkungan

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya secara mandiri

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

S11

Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik pada satuan pendidikan anak usia dini

S12

Bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius dalam lingkungan

kerja dan kehidupan bermasyarakat

S13

Menunjukan sikap sabar dan kasih sayang dalam mendidik anak usia dini

Keterampilan Umum (KU)

KU1

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah,

tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengungahnya ke laman perguruan tinggi

KU5

Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan

data

KU6

Mampu    memelihara    dan    mengembangkan    jaringan    kerja    dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

KU7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian perkerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya


 

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

KU8

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KU9

Mampu      mendokumentasikan,      menyimpan,      mengamankan,      dan

menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

KU10

Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media, dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan

kemampuan kerja.

Ketrampilan Khusus (KK)

KKI

Mampu mendesain kurikulum di satuan PAUD sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip pembelajaran;

KK2

Mampu mengkonstruksi pembelajaran holistik integratif di satuan PAUD.

KK3

Mampu mengembangkan kemampuan dan keterampilan beragama sesuai potensi anak usia dini dalam di kehidupan sehari-hari .

KK4

Mampu mengembangkan media dan metode yang tepat bagi pembelajaran anak usia dini.

KK5

Mampu mengevaluasi dan mengelola pendidikan anak usia dini di satuan PAUD.

KK6

Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pembelajaran anak usia dini di satuan PAUD;

KK7

Mampu mengaplikasikan prinsip profesionalisme dan leadership dalam

pelaksanaan Pendidikan anak usia dini.

KK8

Mampu    mengintegrasikan   nilai-nilai    keislaman,    keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoritis pendidikan anak usia dini

KK9

Mampu menerapkan konsep sains dan lingkungan ke dalam Pendidikan anak usia dini

KK10

Mampu mengaplikasikan nilai-nilai pengasuhan anak usia dini berbasis

lingkungan (eco parenting)

Pengetahuan (P)

P1

Menguasai konsep, teori belajar dan pembelajaran bagi anak usia dini;

P2

Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang

bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;

P3

Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

P4

Menguasai pendekatan, metode, strategi dan model pembelajaran untuk

pembelajaran anak usia dini;

P5

Menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan penyelenggaraan, evaluasi dan pengelolaan pembelajaran bagi anak usia dini;

P6

Menguasai proses evaluasi pembelajaran anak usia dini

P7

Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan kurikulum satuan pendidikan anak usia dini;

P8

Menguasai aspek perkembangan anak usia dini


 

No

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

P9

Menguasai integrasi teknologi dan komunikasi ke dalam pembelajaran anak usia dini;

P10

Menguasai seni untuk anak usia dini

P11

Menguasai konsep pendidikan inklusi, pengembangan kreativitas, pola pendidikan anak berkebutuhan khusus di satuan PAUD;

P12

Menguasai konsep pendidikan keluarga, lingkungan dan implementasi dalam PIAUD.

P13

Menguasai   konsep   keislaman,    kebudayaan,       kepemimpinan    dalam pendidikan islam anak usia dini