Komponen Penilaian:
a)
Mata Kuliah
Teori atau tanpa komponen praktikum:
-
Tugas
10%
-
Proses
50%
-
UTS 15%
-
UAS 25%
b)
Mata
Kuliah Praktikum:
-
Tugas
10%
-
Proses
50%
-
UTS 15%
- UAS 25%
Adapun untuk penilaian proses disusun dengan komponen:
No |
Karakter |
% |
Kategori |
% Kategori Penilaian |
Persentase Gabungan |
|
|
|
|
Mengukur Kualitas dari suatu sumber Menentukan Kualitas
dari suatu sumber apakah
relevan atau tidak relevan |
25% |
5% |
|
1 |
Critical Thinking |
20% |
||||
Membedakan Fakta dan Penilaian (Pendapat/Opini) |
25% |
5% |
||||
Mengidentifikasi kesalahan atau
bias yang ada |
25% |
5% |
||||
Mengevaluasi bukti yang
didapatkan mendukung untuk pendapat |
25% |
5% |
||||
2 |
|
15% |
Kemampuan mendukung orang lain dan berbagi peran:
mengerjakan pekerjaan sesuai
dengan perannya serta
mendukung peran orang
lain sekaligus berinisiatif dalam membagi pengetahuan yang dimiliki. |
25% |
4% |
|
Bekerja secara produktif dengan orang lain: Menunjukan sikap
profesional dengan orang
lain untuk menyelesaikan tugas sesuai yang diharapkan dengan tepat waktu,
serta bertanggungjawab dalam
mengimplementasikan solusi |
25% |
4% |
||||
Berpartisipasi
dan berkontribusi secara aktif: Menunjukan sikap
respek terhadap perbedaan pendapat dalam
diskusi serta terlibat aktif dalam menyelesaikan tugas, melakukan komunikasi yang intensif dan
mengutamakan sikap kebersamaan |
25% |
4% |
||||
Kemampuan melakukan konsensus: mampu melakukan strategi pengambilan keputusan secara bersama dengan menghormati ide orang lain,
menanggapi dengan pikiran
terbuka terhadap perbedaan ide. |
25% |
4% |
||||
3 |
Communi cation |
|
Mampu melakukan komunikasi lisan sesuai dengan norma
akademik |
35% |
5% |
|
Mampu melakukan komunikasi tulisan sesuai dengan
norma akademik |
40% |
6% |
||||
Mampu melakukan komunikasi non-verbal dan visual
sesuai dengan norma akademik |
25% |
4% |
||||
4 |
Creative Thinking |
20% |
Mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi permasalahan dengan
ide yang bervariasi dan/ berkualitas |
25% |
5% |
|
Mampu menemukan ide atau gagasan
dengan menyesuaikan terhadap sesuatu yang sudah ada, dan/
yang belum ada |
25% |
5% |
||||
Memiliki pengetahuan yang baik guna menghasilkan daya pikir yang mencakup wawasan dengan unsur-unsur yang luas |
25% |
5% |
||||
Mengembangkan
kemampuan berpikir kreatif
dalam 5 aspek,
yaitu berpikir lancar,
luwes, orisinal, elaborasi, dan evaluasi |
25% |
5% |
||||
5 |
Compassi on |
15% |
Mampu memahami permasalahan dari berbagai
sudut pandang |
25% |
4% |
|
Mampu menerima kritik
dan saran secara terbuka |
25% |
4% |
||||
Memiliki keinginan untuk
membantu dan memotivasi orang lain |
25% |
4% |
||||
Mampu mengapresiasi diri dan sesama
atas dasar ketaqwaan kepada Tuhan yang
Maha Esa |
25% |
4% |
||||
6 |
Computati onal logic |
15% |
Abstraction: Keterampilan dalam memutuskan informasi apa yang harus disimpan dan apa yang
harus diabaikan |
20% |
3% |
|
Generalization: Keterampilan dalam
merumuskan solusi secara generik dan dapat menerapkan pada masalah yang
berbeda |
20% |
3% |
||||
Decomposition:
Keterampilan dalam
memecahkan masalah yang kompleks
menjadi bagian-bagian kecil yang
mudah dipahami dan dipecahkan |
20% |
3% |
||||
Algorithm: Keterampilan dalam
menyebutkan langkah-langkah untuk
menentukan solusi yang
tepat dalam menyelesaikan masalah |
20% |
3% |
||||
Debugging: Keterampilan dalam
mengidentifikasi, menghapus, dan memperbaiki kesalahan dari proses pemecahan masalah |
20% |
3% |