Penilaian Pembelajaran

               Komponen Penilaian:

a)     Mata Kuliah Teori atau tanpa komponen praktikum:

-          Tugas            10%

-          Proses           50%

-          UTS               15%

-          UAS               25%

b)     Mata Kuliah Praktikum:

-          Tugas            10%

-          Proses           50%

-          UTS               15%

-          UAS               25%


Adapun untuk penilaian proses disusun dengan komponen:

No

Karakter

%

Kategori

% Kategori Penilaian

Persentase Gabungan

 

 

 

Mengukur   Kualitas    dari suatu

sumber

Menentukan Kualitas dari suatu sumber apakah relevan atau

tidak relevan

25%

5%

1

Critical Thinking

20%

  Membedakan Fakta dan Penilaian (Pendapat/Opini)

 

25%

 

5%

Mengidentifikasi kesalahan atau bias yang ada

 

25%

 

5%

Mengevaluasi bukti                              yang didapatkan mendukung untuk pendapat

25%

5%

2

 Collaborat ion

15%

Kemampuan mendukung orang lain dan berbagi peran: mengerjakan pekerjaan sesuai dengan perannya serta mendukung peran orang lain sekaligus berinisiatif dalam membagi pengetahuan yang dimiliki.

 

 

 

25%

 

 

 

4%

Bekerja secara produktif dengan orang lain:

Menunjukan sikap profesional dengan orang lain untuk menyelesaikan tugas sesuai yang diharapkan dengan tepat waktu, serta bertanggungjawab dalam mengimplementasikan solusi

 

 

 

25%

 

 

 

4%

Berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif:

Menunjukan sikap respek terhadap perbedaan pendapat dalam diskusi serta terlibat aktif dalam menyelesaikan tugas, melakukan komunikasi yang intensif dan mengutamakan sikap kebersamaan

 

 

 

25%

 

 

 

4%

Kemampuan melakukan konsensus: mampu melakukan strategi pengambilan keputusan secara bersama dengan menghormati ide orang lain, menanggapi dengan pikiran terbuka terhadap perbedaan ide.

 

 

25%

 

 

4%

3

Communi cation

 15%

Mampu melakukan komunikasi lisan sesuai dengan norma akademik

 

35%

 

5%

Mampu melakukan komunikasi tulisan sesuai dengan norma akademik

 

40%

 

6%

Mampu melakukan komunikasi non-verbal dan visual sesuai dengan norma akademik

 

25%

 

4%


4

 

Creative Thinking


20%

Mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi permasalahan dengan ide yang bervariasi dan/ berkualitas

 

 

25%

 

 

5%

Mampu menemukan ide atau gagasan dengan menyesuaikan terhadap sesuatu yang sudah ada, dan/ yang belum ada

 

25%

 

5%

Memiliki pengetahuan yang baik guna menghasilkan daya pikir yang mencakup wawasan dengan unsur-unsur yang luas

 

 

25%

 

 

5%

Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam 5 aspek, yaitu berpikir lancar, luwes, orisinal, elaborasi, dan evaluasi

 

 

25%

 

 

5%

5

Compassi on

15%

Mampu memahami permasalahan dari berbagai sudut pandang

 

25%

 

4%

Mampu menerima kritik dan saran secara terbuka

25%

4%

Memiliki keinginan untuk membantu dan memotivasi orang lain

 

25%

 

4%

Mampu mengapresiasi diri dan sesama atas dasar ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa

 

25%

 

4%

6

Computati onal logic

15%

Abstraction: Keterampilan dalam memutuskan informasi apa yang harus disimpan dan apa yang harus diabaikan

 

20%

 

3%

Generalization: Keterampilan dalam merumuskan solusi secara generik dan dapat menerapkan pada masalah yang berbeda

 

20%

 

3%

Decomposition: Keterampilan dalam memecahkan masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil yang mudah dipahami dan dipecahkan

 

 

20%

 

 

3%

Algorithm: Keterampilan dalam menyebutkan langkah-langkah untuk menentukan solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah

 

 

20%

 

 

3%

Debugging: Keterampilan dalam mengidentifikasi, menghapus, dan memperbaiki kesalahan dari proses pemecahan masalah

 

20%

 

3%